diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi kepada Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN Agung Murdifi pada acara Simposium dan Gelar Inovasi Pelayanan Publik Nasional Tahun 2016, Kamis (31/3).
“Saya sangat bangga dengan
teman-teman PLN yang tak pernah lelah menciptakan inovasi baru untuk
meningkatkan pelayanan pelanggan di luar kewajiban rutin mereka. Ini
sangat berarti bagi perusahaan. Semoga PLN dapat melaju ke tahap
selanjutnya dan semoga penghargaan seperti ini tetap menjadi cambuk bagi
kami, memotivasi kami, untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan,”
ujar Agung.
Inovasi berjudul “Aplikasi Info
PLN Berbasis Sistem Operasi Perangkat Bergerak Android dan iOS, Akses
Informasi dan Pelayanan Pelanggan Kelistrikan PT PLN (Persero) Secara
Gratis Menggunakan Ponsel Pintar untuk Masyarakat di Seluruh Indonesia”
ini digarap oleh Eki Sairoma Situmeang, Kustan Setiawan, Joe Lesmana,
Taurisa Wijaya dan Henri Firdaus. Layanan baru berupa aplikasi ponsel
pintar ini dikembangkan sejak 2012 dan diluncurkan pertama kali pada PLN
Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang.
Aplikasi INFO PLN berisi
informasi seputar kelistrikan, seperti cek tagihan listrik, riwayat
pembelian token Listrik Pintar (Prabayar), Layanan Menu Online untuk
Pasang Baru, Ubah Daya, Layanan Listrik Sementara, Fitur Pengaduan
Pelanggan seluruh Indonesia, Peta Kondisi Listrik saat ini, serta
beberapa fitur media sosial dan tren berita.
Pelanggan juga dapat mengakses
informasi mengenai Status Permohonan, Entry Kode Konfirmasi, Layanan
Informasi Rekening via Email, serta Historikal Rekening, Informasi
Pembelian Token Pra Bayar, dan Historikal Transaksi Pembelian. Untuk
meningkatkan kualitas pelayanan, INFO PLN juga dilengkapi dengan menu
Survey Kepuasan Pelanggan.
Hingga saat ini, Aplikasi INFO
PLN telah diunduh sebanyak 152.345 user. Pelanggan tersebut bukan hanya
dari seluruh Indonesia, tapi juga seluruh dunia. Misalnya, beberapa
tenaga kerja Indonesia yang berada di luar negeri ada yang mendownload
aplikasi ini untuk mengetahui perkembangan listrik di daerah asalnya.
Melihat respon yang baik dari pelanggan, para inovator INFO PLN optimis
dapat memenangkan perlombaan SINOVIK 2016.
“Kami bersyukur Aplikasi INFO
PLN bisa masuk 99 besar. Untuk tahap selanjutnya kami optimis bisa
menembus 35 besar. Kalaupun masuk ke 10 besar, aplikasi kami sudah siap
karena sudah diupdate lagi sesuai permintaan pelanggan. Pada awal April
nanti aplikasi INFO PLN akan berganti nama menjadi PLN 123 dan
diresmikan sebagai aplikasi resmi korporat. Tentunya dengan fitur yang
semakin lengkap, seperti menu Call Center,” ungkap Eki.
Bersama 98 peserta lainnya,
aplikasi INFO PLN dan aplikasi PLN 123 dipamerkan dalam Pameran Top 99
Inovasi Pelayanan Publik Nasional 2016. Acara yang digelar di JX
International (Jatim Expo), Surabaya ini yang berlangsung mulai 31 Maret
sampai 2 April 2016. Para pengunjung sangat antusias dengan aplikasi
baru ini. Mereka banyak memberi masukkan, antara lain untuk penambahan
fitur pembelian token dan notifikasi sisa pulsa di token Pra Bayar.
Menjadi satu dari Top 99
Inovasi Pelayanan Publik Nasional 2016 merupakan kebanggaan tersendiri
bagi PLN yang memang mendorong para pegawainya untuk terus berinovasi.
Komitmen ini diwujudkan dengan menggelar acara-acara internal tahunan,
seperti KNIFE (Knowledge, Norm, Innovation, Festival and Exhibition) dan
lomba karya inovasi. Karena dengan inovasi, PLN berharap dapat
memberikan kualitas pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar